Wisata terbaru

sejarah dan asal usul wisata pantai watu dodol banyuwangi

Pantai Watu Dodol ini merupakan salah satu tempat wisata pantai yang terdapat di Kecamatan Kalipuro, Banyuwangi , Jawa Timur . Tempatnya sendiri berada di antara kedua ruas jalan raya berjarak 15 km dari keramaian kota Banyuwangi dan berjarak kurang lebih sekitar 2 km dari Pelabuhan Ketapang Banyuwangi. Di lihat dari namanya pantai watu dodol menjadi menarik terdengar di telinga kita, dan mempunyai kesan unik . Watu Dodol adalah gabungan dari dua kata yang memiliki makna yang berbeda. Watu berasal dari bahasa jawa yang berarti batu , sedangkan dodol sendiri adalah sejenis makanan khas berbentuk lonjong seperti jari telunjuk dan memiliki rasa yang sangat manis , dodol ini juga sering dikenal dengan sebutan jenang .

pesona wisata watu dodol banyuwangi

asal usul pantai watu dodol banyuwangi

sejarah dan asal usul pantai watu dodol banyuwangi

Sejarah asal usul Pantai Watu Dodol Banyuwangi


Penamaan pantai watu dodol tidak lepas dari sejarah masyarakat Blambangan . Ketika pasukan Blambangan ini dipimpin oleh tokoh Minak Jinggo pernah mengalami peperangan dengan kerajaan Majapahit hingga pasukan Blambangan mengalami kekalahan. Di saat warga Blambangan mengalami kekalahan mereka banyak melarikan diri ke pantai di sebelah Utara . Nah salah satu prajurit yang ikut melarikan diri ini ternyata membawa bekal berupa makanan yang terbuat dari ketan ( dodol ) , berbentuk lonjong dan besarnya kurang lebih seukuran telapak tangan . Setelah prajurit beristirahat di tepi pantai dan melanjutkan perjalanan ternyata bekal makanan yang di bawanya tadi ketinggalan . Konon bekal tersebut berubah menjadi watu dodol yang penyebutannya dikenal hingga sekarang ini dan dijadikan sebagai nama pantai unik ini.

Tempat wisata pantai watu dodol memiliki daya tarik tersendiri terhadap pengunjung yang datang kesini . Panorama pantainya yang indah dapat menyejukkan mata, butiran pasir dapat dijadikan sebagai area bermain, batu yang berbentuk unik seakan – akan juga memiliki kekuatan magnet yang besar , juga terdapat batu karang berwarna hitam dan keras ditumbuhi oleh pohon kelor sehingga kelihatan rindang dan sangat asri, terdapat juga patung gandrung besar yang juga menjadi pusat perhatian dari kota Banyuwangi.

Hal menarik lain dapat anda temukan di tempat wisata watu dodol adalah adanya sumber mata air yang terletak di pinggir pantai ini , air tawar tersebut dapat digunakan sebagai bilas juga dapat diminum, sebagian masyarakat memiliki kepercayaan bahwa air tawar yang ada dari sumber mata air ini dapat mengobati berbagai penyakit. Selain itu terdapat 2 bungker di atas bukit yang konon dulu menjadi tempat persembunyian prajurit pada masa kependudukan penjajahan Jepang , dan satu lagi anda mampu melihat keindahan alam yang sangat eksotis dari atas bukit , birunya hamparan dari air laut beserta gulungan ombak , merasakan sejuknya udara beserta semilirnya angin seakan merasakan terbang diatas awan .
Di sekitar tempat wisata pantai watu dodol dikelilingi berbagai tumbuhan rindang sehingga nyaman untuk berteduh, enak buat bersantai. Lokasi pantai ini juga berbatasan dengan hutan dan bukit sehingga anginnya terasa segar sehingga dapat mengembalikan semanagat baru anda.

lokasi dan alamat pantai watu dodol banyuwangi


pantai watu dodol ini berlokasi Jl. Banyuwangi - Situbondo, Ketapang, Kalipuro, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur 68455, Indonesia . Berikut titik GPS dan peta berikut ini @-8.0926347,114.4130092


rute jalan menuju pantai watu dodol


Lokasi tempat wisata pantai dodol sangat strategi sehingga mudah diakses oleh para wisatawan baik wisata lokal maupun wisata asing. Pantai ini menjadi tempat peristirahatan para wisatawan karena tempat ini terletak di antara jalur yang menghubungkan antara jalur Situbondo dan Banyuwangi . Untuk menuju lokasi tempat wisata pantai dodol anda dapat menggunakan kendaraaan pribadi atau kendaraan umum. Pertama, Jika anda sudah berada di keramaian kota Banyuwangi, anda berjalan menuju terminal Blambangan kemudian jalan lagi ambil jalur menuju Ketapang. Nah, dari pelabuhan ketapang anda tinggal jalan ke Situbondo (ikuti jalur arah) sampailah anda di kawasan wisata pantai watu dodol.
Kedua, jika anda masih berada di Surabaya, bisa naik kereta menuju stasiun Banyuwangi, kemudian anda dapat melanjutkan perjalanan dengan naik bus menuju Situbondo, dan berhenti di watu dodol.

harga tiket masuk ke pantai watu dodol


untuk masuk ke pantai yang juga menjadi salah satu iko dari kota banyuwaangi ini maka anda harus merogoh kocek , yang ternyata juga cukup terjangkau yakni sebesar Rp 5000 dan parkir sebesar Rp 2000 untuk kendaraan bermotor , cukup murah bukan ?

kuliner yang ada di pantai watu dodol


nah bagi anda yang ingin berkuliner di pantai ini maka jangan khawatir karena banyak sekali warung yang menjajakan makanan dari banyuwangi salah satu yang terkenal adalah rujak soto . kuliner rujak soto adalah salah satu kuliner yang paling terkenal di banyuwangi. Terdengar sepintas agak aneh karena menu yang satu ini adalah kombinasi 2 menu masakan di jadikan satu yaitu kurang lebihnya bisa di bayangkan soto daging + Rujak cingur dijadikan satu mangkok, bisa anda nikmati sambil mendengar kan deburan ombak yang menenangkan jiwa .

hotel terdekat pantai watu dodol


untuk anda yang dari luar kota dan ingin menginap di pantai ini maka jangan khawatir karena di pantai ini sudah disiapkan penginapan bagi yang ingin menginap di area pantai watu dodol dengan fasilitas lengkap namun dengan harga yang cukup terjangkau tentunya , nama nya adalah hotel watu dodol , karena hotel ini masih terletak di area wisata pantai watu dodol

1 komentar: