Wisata terbaru

peta jalan pantai ngliyep malang selatan jawa timur

Sebagai salah satu kabupaten yang memiliki jumlah pantai terbanyak di Pulau Jawa, Malang tentu tak mau ketinggalan untuk menghadirkan wusata pantai -pantai terindahnya. Salah satu pantai cantik yang wajib kamu kunjungi ketika sedang berkunjung ke kota Malang adalah Pantai Ngliyep . Lokasi Pantai Ngliyep ini tepatnya berada di Desa Kedungsalam , dan berada di Kecamatan Donomulyo atau kurang lebih sekitar 62 km arah selatan jika ditempuh dari pusat kota Malang. Kawasan ini menempati SEBUAH areal seluas kurang lebih sepuluh hektar yang di dalamnya meliputi pantai, penginapan dan lahan parkir.
Pantai ini memiliki pasir berwarna kecoklatan dengan air laut yang juga sangat bersih. Tentunya sangat menggoda sekali . Pantai Ngliyep ini juga pantai yang sejenis dengan ciri cir yang adada Pantai Selatan yakni dikelilingi oleh banyak sekali batu - batuan karang yang cukup besar . Dan di area sekitar pantai ini ternyata juga ada sebuah pulau kecil yang oleh masyarakat dinamakan dengan nama Gunung Kombang . nah , Di tempat itu konon terdapat sebuah petilasan yang cukup sacral . Selain Gunung Kombang ini juga di area pantai ini terdapat sebuah teluk yang sering disebut dengan nama Teluk Putri . Nama dari “ Teluk Putri ” ini sendiri diambil untuk menggambarkan betapa lembutnya hamparan pasir yang ada di teluk ini yang memiliki kelembutan seperti kulit seperti layaknya seorang putri.

Pantai Ngliyep cukup sunyi sehaingga para pengunjung bisa dengan sangat bebas untuk menghabiskan waktu serta mengeksplorasi keindahan yang ada di dalamnya . Anda pun juga akan merasakan seolah sedang berada di pantai yang seperti pantai pribadi.
Di pantai ini, wisatawan akan menemui banyak batu karang. Paduan antara pasir putih dan juga adanya tebing yang cukup curam serta keberadaan dari kawasan hutan lindung ini juga tentunya akan membentuk sebuah lanskap alami yang cukup indah dan sangat menakjubkan. Hamparan pasir luas yang ada di Pantai Ngliyep itu ditengarai memiliki nama yaitu Teluk Putri dan juga Pasir Panjang.
Setiap tahun , yang tepatnya ada pada bulan Maulud jika dilihat dalam penanggalan budaya Jawa , di pantai Ngliyep tentu akan lebih ramai dari hari hari biasanya . Tepat pada tanggal 15 pantai ini digelar sebagai tempat untuk acara ritual yang bertajuk upacara Labuhan . nama Upacara Labuhan ini sendiri adalah bentuk dari sebuah upacara pengorbanan , dimana ada kepala hewan ternak yang umumnya seperti kambing juga sapi yang akan dikorbankan dan dilarung ke laut sebagai ritual sesaji . menurut warga , konon upacara Labuhan ini pada zaman dahulu pertama kali dilaksanakan untuk menghindarkan dari adanya wabah penyakit yang pada saat itu sedang menyerang mayoritas dari penduduk desa setempat .

pasir-putih-pantai-ngliyep-malang

lokasi-wisata-pantai-ngliyep-malang

loasi-pantai-ngliyep-malang-selatan

sejarah-pantai-ngliyep

rute-pantai-ngliyep-malang

lokasi dan alamat pantai ngliyep


pantai ngliyep ini berlokasi di Desa Kedungsalam, Donomulyo, Kedungsalam, Donomulyo, Malang, Jawa Timur 65167, Indonesia . Berikut titik GPS dan juga peta @-8.3835807,112.4221914


rute jalan menuju ke pantai ngliyep


Untuk mencapai ke Pantai Ngliyep ini terbilang cukup mudah dan juga tak terlalu sulit . maka Pengunjung juga bisa memilih rute yang dari Karangkates atau pun Kepanjen . nah Jika anda berencana ingin melalui jalur Kepanjen maka Andapun bisa naik angkutan umum dengan kode perjalanan yaitu GN2 dengan kendaraan warna putih . Sedangkan jika lewat Karangkates kita bisa naik angkutan umum dengan kode GN1 dengan warna orange . perjalanan akan membutuhkan waktu yang kira - kira akan memakan 2,5 jam jika ditempuh dari pusat kota Malang atau cukup dengan waktu 1 jam dari Karangkates . nah , jalur untuk menuju Pantai Ngliyep ini juga sangatlah indah walaupun di beberapa tempatnya bisa dikatakan sangat rawan dengan kecelakaan karena jalan ini juga sempit dan rambu – rambu yang ada juga cukup minim .

harga tiket masuk ke pantai ngliyep


Dengan membayar tiket Rp 5.000,- per orang, pengunjung bisa menikmati indahnya panorama pantai yang berada di tepian Samudera Hindia ini. Tarif parkir untuk roda dua Rp.1000, sedangkan untuk roda empat Rp.2000. cukup murah dan dapat terjangkau berbagai kalangan

kuliner yang ada di pantai ngliyep


untuk anda yang hobi berkuliner ria di tempat wisata maka pantai ngliyep ini juga merupakan yang terbaik , karena banyak warung yang menjajakan makanan dan minuman yang bisa anda nikmati dikala berwisata ke pantai ini , nah di warung warung di sekitar sini yang terkenal adalah makanan khas dari malang ini sendiri yakni bakso , bakso malang di warung patai ngliyep ini lengkap , berisi bakso , tahu dan pangsit , disajikan dengan kuah dan di permanis dengan bawang goreng dan juga seledri , lebih cocok dimakan dengan saos sambal serta kecap , anda bisa menikmati makan dan diiringi oleh suara gemuruh ombak yang sangat indah

hotel dan penginapan di pantai ngliyep


Nah , bagi anda dan juga para wisatawan yang tertarik dengan keindahan dan cerita dari legenda Pantai Ngliyep ini maka anda harus memasukkan destinasi yang indah ini ke dalam daftar tujuan dari liburan keluarga Anda . Fasilitas yang tersedia di tempat wisata ini ternyata juga bisa dibilang cukup lengkap , mulai dari adanya lahan parkir yang luas, toilet umum yang cukup bersih , mushola supaya anda tidak ketinggalan waktu beribadah , warung makan yang menyediakan berbagai macam makanan yang dapat mengenyangkan perut nda , pos kesehatan, pendopo atau pesanggrahan, hingga ada penginapan . untuk anda yang menginap maka tk perlu khawatir karena Harga sewa penginapan cukup murah, hanya sekitar Rp. 75.000 rupiah per kamar . tentu dengan harga tersebut tidak akan menguras kantong anda

1 komentar:

  1. Admin mau tanya,
    1. Biaya tarif angkot dari malang ke pantai ngliyep sekitar berapa ya min?
    2. Kalau misal naik angkot turun mana?

    BalasHapus