Wisata terbaru

taman nasional baluran situbondo obyek wisata favorit backpacker

Pantai memang sering menjadi tempat wisata favorit bagi kebanyakan orang untuk berlibur. Pulau Jawa ini terkenal karena memiliki banyak pantai indah yang sayang untuk dilewatkan. Namun, jika Anda ingin mencoba wisata alam yang lainnya dan juga cukup berbeeda , maka mengunjungi taman nasional bisa dijadikan alternatif lain yang juga sangat di rekomendasikan . Salah satu taman nasional di Pulau Jawa yang menarik adalah Taman Nasional Baluran. Taman ini sering disebut sebagai Afrikanya Indonesia. Di sini Anda akan disuguhi pemandangan kawanan rusa yang berlarian menuju genangan air untuk minum, para merak yang melebarkan ekornya , gerombolan kerbau dan juga gajah, belasan elang yang terbang untuk mencari makan sampai monyet yang bergelantungan di pohon . Pemandangan yang sama persis seperti yang bisa Anda temukan di Afrika ini bisa anda temukan disini .Selain gerombolan hewan yang bebas beraktivitas di alam bebas Anda juga akan disuguhi pemandangan empat ratus lebih spesies tumbuhan asli yang khas seperti widoro bukol (Ziziphus rotundifolia), dan mimba (Azadirachta indica). Ketiga tumbuhan ini adalah spesies tumbuhan yang mampu beradaptasi dalam kondisi sangat kering. Saat tumbuhan lain sudah mulai mngering, anehnya ketiga spesies ini masih tetap hijau .

pemandangan obyek wisata taman nasional baluran

eksotisme taman nasonal baluran situbondo jawa timur

Selain ratusan spesies tumbuhan, di sini juga terdapat 26 jenis mamalia dan seratus lebih jenis burung. Mamalia yang hidup di Taman Nasional Baluran ini seperti banteng, kancil, kijang, macan tutul dan juga kucing . Dengan suhu udara dan cuaca yang tergolong kering , maka saat musim kemarau air di permukaan tenah akan menjadi sangat terbatas . Anda bisa merasakan sensasi menjelajah savana Afrika dengan mencoba trekking di padang savana di sepanjang Taman Nasional Baluran. Saat trekking di sini, Anda harus berjalan kaki, bukan dengan SUV atau mobil. Hitung-hitung sekalian olahraga. Anda tak perlu khawatir dengan satwa yang ada di sini, karena bila mendengar suara mobil ata kendaraan lain , mereka akan segera berlari masuk kembali ke hutan. nah , bagi anda yang ingin berkunjung ke taman ini maka Waktu terbaik untuk mengunjungi Taman Nasional Baluran adalah pada bulan Maret sampai bulan Agustus . Antara bulan Juli sampai Agustus , Anda dapat menyaksikan perkelahian seru dan langka antar rusa , para monyet yang sedang berburu kepiting , dan juga tarian burung merak . Jika Anda pecinta fotografi, disarankan untuk memulai perjalanan menyusuri Taman Nasional Baluran di pagi hari mulai pukul 4.00 atau 5.00 pagi sehingga Anda dapat menyaksikan matahari terbit yang indah di sela-sela kabut dan pepohonan. Dijamin hasil foto Anda akan jauh lebih dramatis, seperti sedang di Afrika.

burung-rangkong-taman-nasional-baluran-situbondo peta wisata taman nasional baluran situbondo

 

lokasi dan alamat taman nasional baluran


taman nasional baluran ini berlokasi di Sumberwaru , Banyuputih , Situbondo , Jawa Timur . berikut titik GPS dan peta @-7.8311884,114.3853618


rute menuju taman nasional baluran


Bagi Anda yang berada di luar provinsi Jawa Timur harus lebih dulu datang ke kota Surabaya. Dari Surabaya Anda bisa mengambil rute jalur pantai utara ke arah timur melewati kota Pasuruan, Probolinggo, Situbondo dan Banyuputih. Setibanya di Banyuputih maka anda dapat langsung ambil jalan menuju ke Desa Bilik. Lanjutkan perjalanan Anda menuju Desa Wongosorejo, di tengah perjalanan ke desa ini nanti ambil jalan belok kiri menuju ke loket masuk.
JIka Anda berada di wilayah timur Jawa Timur, dapat mengambil jalur Banyuwangi – Batangan – Bekol dengan jarak tempuh sekitar 47 km. Atau bisa juga mengambil rute dari Situbondo – Batangandengan dengan jarak 60 km. Jalan menuju ke Taman Nasional Baluran ini sangat nyaman karena sudah diaspal dan merupakan jalur lintas provinsi yang menghubungkan Bali, Banyuwangi dengan kota Surabaya sehingga bagi Anda yang berada di kota-kota terdekat dapat mengakses dengan mudah. Sesampainya di Bekol, untuk menuju pintu masuk Taman Nasional ini Anda akan melewati jalan aspal yang cukup tipis sejauh kurang lebih 15 km sehingga disarankan bagi Anda sebaiknya menggunakan kendaraan tipe SUV supaya memudahkan anda dalam perjalanan.

harga tiket masuk taman nasional baluran


untuk menikmati sensasi alam afrika namun di Indonesia ini anda cukup membayar tiket masuk sebesar Rp 2.500 untuk wisatawan lokal , dan Rp 20.000 untuk wisatawan dari mancanegara , cukup murah bukan ?
kuliner yang ada di taman nasional baluran
sebelum anda masuk , disarankan bagi Anda untuk membawa perbekalan makanan dan minuman sendiri, karena tidak ada fasilitas khusus untuk kuliner karena di tempat ini merupakan tempat yang memang di setting untuk alam liar sehingga tidak ada para pedagang ataupun warung warung

hotel dan penginapan di taman nasional baluran


Bagi Anda yang ingin menginap dengan sensasi berbeda maka anda harus mencoba bermalam di alam liar dengan berkemah , karena di sini juga disediakan camping ground oleh pihak pengelola . Di sini juga sudah terdapat kamar mandi dan instalasi air yang cukup baik dan bisa digunakan dengan lancer . namun di tempat ini Anda dilarang untuk mengganggu, merusak, mengambil, atau berburu flora dan fauna yang ada di sini . dan tentunya Jangan lupa membawa kantong plastik sendiri dari rumah untuk membuang sampah Anda selama perjalanan menyusuri Taman Nasional Baluran ini.

1 komentar:

  1. It's a plerause to find someone who can identify the issues so clearly

    BalasHapus