Wisata terbaru

menelusuri pantai penyu sukamade di banyuwangi jawa timur

Pantai Sukamade ini merupakan sebuah pantai yang sangat terkenal dan digunakan sebagai tempat penangkaran dari Penyu . Dan di pantai inilah , para wisatawan dapat menyaksikan secara langsung proses penyu penyu yang sangat lucu tersebut sedang bertelur. Pantai ini dulunya pertama kali ditemukan oleh seseorang yang berkebangsaan Belanda , yaitu tepatnya pada sekitar tahun 1927 silam . sedikitnya terdapat 4 jenis dari spesies penyu yang terdapat di sini , antara lain yaitu Penyu Hijau (atau dengan nama latin Chelonia Mydas ) , lalu ada juga Penyu Slengkrah yang memiliki nama latin yaitu Lepidochelys Olivacea , ada juga Penyu sisik (Eretmochelys imbricata) , lalu yang terakhir ada juga Penyu Blimbing (Demochelys Coriaceae). Pantai yang selain dikenal sebagai tempat dari penangkaran penyu , ternyata Pantai Banyuwangi yang terletak di selatan juga terkenal sebagai kawasan dari hutan lindung , tentunya yang masih menjadi bagian dari Taman Nasional di Meru Betiri . Pantai sukamade ini juga merupakan kawasan hijau yang di dalamnya juga terdapat beberapa macam perkebunan yang bisa anda kunjungi juga seperti perkebunan kopi lalu ada juga perkebunan karet dan perkebunan yang menghasilkan cokelat . di Pantai Sukamade juga merupakan salah satu bagian dari “ Triangle Diamond ”, Triangle Diamond ini merupakan sebuah kumpulan dari tempat wisata yang paling favorit di Banyuwangi . dan Dimana Triangle Diamond ini juga terdiri dari Kawah Ijen , lalu ada Pantai Plengkung , baru setelah itu Pantai Sukamade.

pantai penyu sukamade

pantai penyu sukamade banyuwangi

pantai penyu sukamade banyuwangi jawa timur

akses lokasi dan alamat pantai sukamade


Pantai sukamade ini berlokasi di Desa Rajegwesi , tepatnya berada di Kecamatan Pesanggaran Kabupaten Banyuwangi , provinsi Jawa Timur .

rute jalan menuju ke pantai sukamade


Untuk menuju ke pantai sukamade ini , maka wisatawan yang akan datang kesini dapat menggunakan mobil pribadi , maupun sepeda motor karena bisa dikatakan rute perjalanan nya juga cukup mudah untuk di lalui , namun anda harus tetap berhati hati karena kadang anda akan melewati tanjakan dan juga turunan , jika pada saat hujan tiba jalanan akan menjadi licin sehingga anda perlu ekstra berhati – hati supaya tidak terjadi hal hal yang tidak di inginkan karena keselamatan dalam perjalanan adalah yang utama dari segalanya . nah untuk anda yang ingin mengunjungi pantai sukamade ini maka Mobil yang disarankan untuk mengarungi jalan menuju pantai ini adalah yang jenis mobil dengan double garden atau biasa di sebut dengan mobil 4wd , hal tersebut juga sudah diperhitungkan mengingat medannya yang naik turun sehingga memudahkan anda jika menggunakan mobil 4wd. Rute yang sangat efektif untuk menuju ke pantai ini adalah melalui Kecamatan Jajag lalu anda harus berjalan menuju Pesanggaran dan perjalanan dilanjut ke Desa Rajegwesi setelah itu baru anda ikuti petunjuk ke Pantai Sukamade.
harga tiket masuk ke pantai sukamade

kuliner yang ada di pantai sukamade


untuk anda yang ingin mencicipi kuliner yang ada di banyuwangi , maka anda harus keluar dulu dari area ini , lalu anda menuju k arah kota , maka anda akan menmui banyak sekali warung makan yang menyajikan makanan khas dari kota banyuwangi ini sendiri , nah salah menu yang cukup terkenal seantero kota banyuwangi ini salah satunya adalah sego tempong , Menu makanan ini disajikan langsung dengan beraneka sayur – sayuran yang tentunya masih sangat segar , seperti daun singkong yang agak pahit , lalu ada juga ketimun , kacang panjang sebagai penyeimbang protein , lalu ada terong dan masih banyak lainnya . Dengan lauk yang juga beraneka ragam yaitu ada tahu dan juga tempe goreng , dan ada juga ikan asin dan perkedel jagung yang cukup enak , dimakan bersama dengan nasi hangat serta sambal yang sangat khas membuat kita menjadi lebih berselera makan . nah makanan ini sangat cocok sekali untuk anda yang sangat menggemari makanan dengan sensasi pedas , hal tersebut dikarenakan memang sambal yang disajikan di menu ini juga sangat pedas . persis seperti arti dari nama makanannya , yaitu Sego Tempong , sego tempong ini terdiri dari 2 kata yaitu sego yang memiliki arti nasi dan juga kata Tempong yang berarti tempeleng . nah dari kata ini sudah bisa diartikan bahwa menu makanan ini bisa membuat anda merasa di tempeleng / di tampong setelah melahapnya karena sambal yang disajikan di menu ini merupakan sambal yang super pedas .

hotel dan penginapan terdekat di pantai sukamade


untuk anda yang ingin menginap atau bermalam di pantai ini maka anda pun harus membawa prlengkapan berkemah dan juga makanan dan minuman yang cukup karena memang pantai sukamade ini juga terdapat fasilitas yang disiapkan khusus untuk pengunjung yang ingin camping di tempat ini , dan di lahan yang telah disediakan ini pula pengunjung dapat dengan bebas menyalakan api unggun untuk menghangatkan badan pastinya , pada malam hari , suara ombak nya akan semakin membuat suasana menjadi semakin indah , namun anda harus tetap membawa kembali sampah yang anda hasilkan supaya pantai ini tidak kotor , sehingga bisa tetap dinikmati oleh banyak orang . di pantai ini juga sering diadakan event

2 komentar: