Wisata terbaru

pantai sepanjang gunung kidul obyek wisata pantai baru di yogyakarta

Pantai Sepanjang memiliki ini memiliki garis pantai yang lebih panjang dibandingkan dengan rata rata pantai yang terdapat di kawasan Gunung Kidul lainnya. Pantai ini juga segaris dengan pantai Kukup, Pantai Sundak dan juga pantai Baron

Pantai di gunung kidul ini menyajikan pemandangan keindahan pasir putih yang terhampar di sepanjang pesisir pantai yang juga memberikan nilai tambah untuk pantai ini.

Menurut informasi yang didapat dari warga sekitar , pantai ini adalah obyek wisata yang baru saja dibuka oleh Pemkab Gunung Kidul. Hal ini dapat Anda lihat dari jalan menuju ke bibir pantai yang masih baru. Terdapat juga Pohon-pohon palem rapi berjajar di sepanjang pantai menambah keindahan dan keanggunan pantai ini.
Karang-karang akan muncul di bibir pantai ini yang juga merupakan habitat dari anekaragam kehidupan biota laut ketika air laut sedang surut. Para pengunjung dapat menemukan berbagai macam ikan-ikan kecil, ada juga kerang-kerangan, anggang laut, rumput laut bulu babi, bintang laut yang terdapat dalam lubang atau cekungan pada batu karang di sekitar pantai ini.
Para penduduk setempat juga sering sekali berburu rumput laut, kerang-kerangan dan makhluk laut lainnya ketika air laut sedang surut , hal itu dilakukan untuk dikonsumsi sendiri maupun dapat diolah dan dijual kembali. Penduduk juga menyediakan aneka makanan dan minuman dari hasil laut setempat yang terdapat di sekitar pinggir pantai , dan yang membuat hal ini lebih unik dari biasanya , kita bisa menikmatinya di bawah gubuk-gubuk beratapkan daun kering yang sangat eksotis.

pantai sepanjang gunung kidul

Anda juga akan melihat dua bukit yang pada bagian - bagian lerengnya dipakai masyarakat sekitar dimanfaatkan untuk bercocok tanam seperti menanam tanaman jagung, menanam kedelai dan juga tanaman bermanfaat lainnya , dimana di daerah tersebut pun masyarakat juga membangun banyak sekali gubuk-gubuk untuk tempat tinggal mereka sendiri.

Fasilitas yang terdapat di pantai Sepanjang cukup lengkap yaitu rumah makan dan beberapa tempat penginapan bisa disewakan untuk penginapan di pantai ini. Jadi bagi para wisatwan tidak perlu khawatir lagi masalah perbekalan, disana banyak sekali penjual makanan dan minuman dari mie instant sampai seafood.

Di pantai sepanjang juga sudah terdapat fasilitas kamar mandi dan toilet yang bersih, hanya saja jumlahnya masih terbatas, Sehingga bagi wisatawan yang ingin menggunakan nya harus antri dulu. tarif toiletnya cukup murah yaitu sebesar Rp 2.000 untuk buang air kecil dan Buang air besar. dan Rp 5.000 untuk mandi

pantai sepanjang gunung kidul yogyakarta

sejarah di pantai sepanjang gunungkidul


Di Pantai Sepanjang ini terdapat sebuah situs peninggalan jaman dahulu yaitu banyusepuh. Banyusepuh memiliki arti membasuh dengan air karena tempat ini dijadikan mata air yang digunakan untuk membasuh dan memandikan benda-benda pusaka.

Diberi nama banyusepuh karena konon ceritanya, pada jaman dahulu mata air tersebut digunakan sebagian besar warga setempat untuk mensucikan benda-benda pusaka milik para wali dan ulama. Namun, sekarang mata air Banyusepuh telah menjadi kubangan kosong yang malah tanpa air, sehingga wisatawan pun sulit untuk menemukan situs tersebut. Hanya beberapa warga sekitar pantai yang mengetahui lokasi persis dimana lokasi banyusepuh itu berada.

Di sekitar pantai sepanjang ini juga banyak sekali ditemukan penjual cinderamata berupa kerang laut yang ternyata juga diambil dari Pantai Sepanjang. Beberapa penduduk tersebut membuat aneka kerajinan tangan yang berbahan dasar kerang. Kerajinan yang dibuat ini unik sekali , dapat berbentuk orang-orangan, jepitan , barong dan yang terakhir adalah kereta kencana

pantai sepanjang

Lokasi dan alamat pantai sepanjang gunung kidul


Pantai sepanjang ini berlokasi di Kemadang, Tanjungsari, Gunung Kidul Regency, Daerah Istimewa Yogyakarta 55881, Indonesia . adapun titik GPS dan juga peta
@-8.1365813,110.5635182


rute jalan menuju pantai sepanjang tunjung sari gunung kidul yogyakarta


Yogyakarta > Piyungan > Patuk > Wonosari > Jl. Baron > Kemadang > Pertigaan pantai Baro ke timur > Pantai Kukup ketimur > Pantai Sepanjang.
Rute alternatif lain adalah
Yogyakarta > Piyungan > Patuk > Wonosari > Pertigaan mulo ke kiri > Tepus > Pantai Indrayanti > Sundak > Krakal > Pantai Sepanjang.

Pantai ini juga segaris dengan pantai Kukup, Pantai Sundak dan juga pantai Baron

harga tiket masuk pantai sepanjang gunung kidul


nah bagi anda yang tertarik mengunjungi pantai ini , tak ada yag perlu di khawatirkan , apalagi memikirkan harga , karna harga tiket masuk ke kawasan ini sangatlah terjangkau yaitu sekitar Rp 10.000 per orang

kuliner di patai sepanjang yogyakarta


jika anda sudah merasa lapar setelah mengunjungi lokasi wisata pantai di jogja  dan bermain menelurusi keindahan di pantai sepanjang ini , anda bisa menuju kampong lobster dengan gazebo yang dapat mengobati rasa lelah anda , di warung warung degan gazebo ini menydiakan es kelapa muda yang segar , serta maasakan andalan yaitu lobster yang dimasak dengan berbagai macam bumbu yang rasanya mantap , jangan khawatir tentang harga , ketimbang di restoran , harga disini jauh lebih murah , dengan 20.000 rupiah anda sudah bisa mnikmati satu ekor lobster dengan bumbu pedas manis yang menggugah selera , harga tersebut belum termasuk nasi dan minumannya

hotel dan penginapan terdekat di pantai sepanjang jogja


untuk pengunjung di pantai panjang , ketika ingin menginap , anda tidak prlu merogoh kocek yang dalam hanya utnuk menginap semalam bersama keluarga karena tempat disini cukup terjangkau , dengan harga mulai dari 170.000 , anda sudah bisa mendapat kamar yang bersih dan memiliki fasilitas kamar mandi dalam

1 komentar:

  1. Iᯘve just come across your Cilantro Lime Chicken recipe and I must say it certainly sounds very tasty. The best thing of all is the calories – only 188.

    BalasHapus